Tegenungan Waterfall Gianyar Bali

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali - Wisata air di Bali tidak selalu harus berhubungan dengan pantai atau danau saja. Air terjun menjadi opsi saat bertandang ke Bali. Salah satunya yang memikat didatangi ialah Air Terjun Tegenungan atau Tegenungan Waterfall di Gianyar..

Air terjun ini mempunyai kecantikan yang demikian menakjubkan. Pengunjung lokal dan luar negeri tertarik untuk menelusuri lebih dalam daya tarik air terjun ini. Apa lagi, tiket masuk yang ditawarkan sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan Gianyar

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung diwajibkan bayar tiket masuk. Ticket masuk ini lumayan murah, apa lagi biaya tiket masuk telah terhitung ongkos parkir. Hingga pengunjung tidak perlu bayar biaya parkir.

Jam Operasional Air Terjun Tegenungan

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali

Tempat wisata ini buka dari pagi sampai sore hari. Tidak ada waktu khusus yang pas untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Karena tempatnya yang sejuk dan teduh, jadi tiba kapan pun tidak jadi masalah. Yang paling penting, tiba saat cuaca ceria karena air terjun kelihatan lebih jernih.

Daya tarik Air Terjun Tegenungan Gianyar

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali

Ada 33 km dari Lapangan terbang I Gusti Ngurah Rai, terselinap sebuah air terjun yang cantik. Air Terjun Tegenungan, sebuah air terjun yang terselinap dibalik rimbunnya pohon-pohonan. 

Air terjun ini sebagai saluran dari Tukad Petanu, yang mengucur langsung melalui bebatuan. Dengan tinggi 15 mtr., pengunjung akan melihat begitu megahnya air terjun ini dari bawah.

Bila air mengucur cepat, akan berkenaan bebatuan disekelilingnya yang membuat salurannya seperti berundak-undak. Pada bagian atas air terjun sebagai sungai berbatu, dan dinding air terjun juga dari bebatuan.

Baca JugaAir Terjun Gitgit Buleleng Bali, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pengunjung dapat duduk di batu-batuan itu, yang paling penting cari spot yang tidak licin. Di bawah air terjun, ada kolam dengan airnya yang jernih dengan dasar bebatuan.

Berenang di Kolam Air Terjun Tegenungan

Di bawah air terjun, ada kolam yang airnya datang dari air terjun langsung. Tentu saja, airnya demikian fresh dan jernih. Bahkan juga, pengunjung bisa menyaksikan dasar kolam yang berbentuk batu-batuan karena jernihnya.

Pengunjung dibolehkan berenang di bawah air terjun, karena kolamnya tidak begitu dalam. Bila ingin merapat sama air terjun, berharap waspada. Karena kadang, saluran menjadi sangat deras. Bagusnya, berenang tidak begitu dekat sama air terjun.

Spot Photo Instagramable

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali
Daya magnet Air Terjun Tegenungan bukan hanya pada air terjunnya saja. Disekitaran air terjun, ada spot-spot instagramable yang bisa jadi object photo. Pengurus menyengaja membuat spot-spot menarik agar daya magnet bukan hanya pada air terjun.

Ada ranting yang diatur membuat sarang burung memiliki ukuran besar, komplet dengan hiasan kepala burung. Ada pula ranting yang dibuat hati. Pengunjung bisa berpose dengan frame ranting hati ini.


Menanti Mentari Pagi Menyembul ada di belakang Air Terjun

Walau di sini tidak bisa melihat matahari keluar seperti pada pantai. Pengunjung masih tetap bisa melihat matahari yang menyembul dari balik air terjun. Ada dan menyinari teritori air terjun.

Sinarnya usaha tembus lewat pohon-pohonan ada di belakang air terjun. Yang membuat terlihat makin cantik.

Rasakan Kesan Ayunan di Tepi Tebing Bikinan

Selainnya spot photo yang memikat, di sini ada ayunan di pinggir tebing bikinan. Ayunan ini dibikin tidak begitu tinggi, tetapi cukup mencekam saat berayun di atasnya. Masalahnya lokasi ayunan ada di atas tebing batu bikinan.

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali


Tetapi, serunya akan pengunjung rasakan saat coba berayun di atasnya. Pengunjung bisa berpose di atas ayunan dengan background air terjun. Atau, berayun sekalian menghadap ke air terjun.

Tetap harus waspada karena pengunjung tidak diperlengkapi dengan tali pengaman. Tetapi tenang saja, karena ayunan dibikin dari tiang dan tali yang kuat.

Sarana Air Terjun Tegenungan Gianyar

Tempat wisata ini sudah diperlengkapi dengan sarana umum seperti toilet dan tempat basuh. Di pintu masuk yang jadi pintu keluar, berdiri jejeran toko penjual kenang-kenangan ciri khas Bali. Dimulai dari kain Bali, kaos, dan aksesori yang bisa jadi oleh-oleh.

Lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar

Tempat wisata ini ada di Jalan Ir. Sutami, Dusun Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Akses ke arah lokasi benar-benar gampang, bisa dicapai dengan mobil atau motor.

Baca Juga : Tips Liburan di Bali yang harus di ketahui

0 Komentar